SILABUS
Kelas V
Tema 4 : Sehat Itu Penting
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
KEMENTERIAN AGAMA RI
MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SUBULUSSALAM
TAHUN 2014
Kelas V
Tema 4 : Sehat Itu Penting
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
KEMENTERIAN AGAMA RI
MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SUBULUSSALAM
TAHUN 2014
TEMA: SEHAT ITU PENTING
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran dan Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
PPKn
· Menyajikan
berbagai permasalahan sosial di lingkungan sekitar (kabupaten/kota, provinsi)
melalui gambar, video, atau cerita
· Menerima
keputusan atas dasar kesepakatan
(musyawarah mufakat)
|
·
Menyebutkan masalahsosial yang
berkenaan dengan masalah kesehatan yang terjadi di sekolah, rumah, dan
lingkungan sekitar, mengenai: kepadatan penduduk, sanitasi, penyakit, menular, polusi
· menjelaskan
perlunya udara bersih bagi kesehatan
·
Membuat keputusan dan kesepakatan hasil diskusi
·
Memilih jajanan sehat berdasarkan
pertimbangan kebersihan dan kandungannya
|
Kegiatan
pembelajaran pada tema ini akan ditempuh
dalam 7 minggu
Minggu
Pertama
·
Siswa mengamati kondisi
lingkungan sekolah dan mendata masalah
sosial yang berhubungan dengan kesehatan lingkungan (sampah, sanitasi, polusi penyakit menular)
·
Siswa
mengidentifikasi data masalah yang ditemukan,
·
Menerapkan pola
hidup sehat terkait dengan pencernaan, pernapasan, peredaran darah:
· Membawa
siswa ke halaman sekolah untuk melakukan kegiatan berjalan, jalan santai,
atau berlari
· Membuat
alur untuk lalu- lintas dan menentukan
batas awal dan akhir
· Membuat
aturan termasuk menetapkan waktu maksimal untuk menempuh jarak yang
ditentukan
· Menyiapkan
perlengkapan termasuk pencatat waktu
· Mencatat
waktu dan memasukkan ke dalam tabel
· Menganalisa
hasil dari beberapa kegiatan jika ternyata banyak gangguan termasuk kondisi
siswa, gedung, halaman, atau kerumunan siswa yang lain
·
Menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas
fisik seperti:
-
Melakukan gerak jalan sehat
-
Melakukan gerakan senam kebugaran jasmani
·
Mengidentifikasi unsur proporsi dan komposisi
untuk membuat poster atau gambar ilustrasi dalam seni rupa dengan
memperlihatkan gambar yang harmonis antara proporsi dan komposisi.
Penilaian
·
Penilaian: unjuk kerja pada saat melakukan
gerakan jalan dan senam kesegaran jasmani
·
Tes tertulis kelengkapan informasi masalah sosial
· Kesesuaian
antara pelaksanaan dengan waktu yang telah ditentukan
· Cara
mengelola waktu
Minggu
Kedua
·
Mendiskusikan masalah kebersihan di sekolah
berdasarkan identifikasi data yang diperoleh pada kegiatan sebelumnyai
mengenai : kebersihan lingkungan, sanitasi, sampah.
·
Mendiskusikan akibat permasalahan yang ada.
· Mengidentifikasi
permasalahan, solusi
atau cara mencegah untuk menanggulangi permasalahan yang ada.
· Menulis
laporan hasil
identifikasi, solusi, dan pemecahan masalah.
· Menyebutkankan
macam-macam aktivitas fisik)
· Menyebutkan
pengaruh aktivitas fisik terhadap tubuh
·
Langkah-langkah membuat poster atau gambar ilustrasi
Penilaian
·
Tes tertulis kelengkapan informasi
·
Penilaian: tes tertulis/lisan tentang
macam-macam aktifitas fisik dan pengaruhnya.
Minggu
Ketiga
·
Mempraktekkan bagaimana rasanya menghirup
udara di dekat tempat sampah dan ditempat yang bersih
·
Mengemukakan rasa ketika
menghirup udara di dekat tempat sampah dan
ditempat yang bersih.
·
Menggambar sistem pernapasan manusia dan
fungsinya
·
Mendiskusikan perlunya udara bersih untuk
menjaga kesehatan alat pernapasan (misalnya dengan cara melakukan penghijauan).
·
Membuat kampanye anti-rokok
· Membawa
siswa ke halaman sekolah atau taman untuk mencari batang tumbuhan, atau pagar
taman yang berbentuk lingkaran
· Membentuk
kelompok kecil untuk melaksanakan pengukuran
· Menyiapkan
alat ukur yang biasa digunakan
· Menjelaskan
cara menggunakan alat ukur termasuk meteran kain dan sejenisnya
· Memberikan
instruksi cara pengukuran yang benar sehingga mendekati ukuran yang tepat
· Menjelaskan
bagaimana cara mengukur diameter pohon jika hanya dapat diukur kelilingnya
saja
· Menyebutkankan
alat reproduksi pada laki-laki : (1) alat kelamin dalam : testis, saluran
reoroduksi, Epididimis, Vas deferens, (2) alat Kelamin luar /penis
(pembelajarannya secara terpisah antara laki dan perempuan)
· Menyebutkankan
alat reproduksi pada wanita
(1)
alat kelamin dalam : indung
telur, tuba fallopi, rahim, dan vagina, (2) alat kelamin luar : klitoris,
tonjolan kecil di sebut kalentit, lubang saluran kencing, lubang vagina,
selaput dara (pembelajarannya secara terpisah antara laki dan perempuan)
· Menyebutkankan
manfaat memelihara kebersihan alat reproduksi, untuk menghindari: (Penyakit
yang ditularkan oleh bakteri.Gonore/ GO, Klamidia Klamidia disebabkan oleh
bakteri clamidia, Sipilis /Raja Singa, keputihan bagi wanita, HIV,dsb.)
·
Mengenalkan teknik pernapasan dalam bernyanyi
lagu wajib
·
Berlatih menyanyi lagu-lagu wajib dengan
teknik bernyanyi yang berhubungan dengan pernapasan
Penilaian
·
Kekompakan serta ketepatan dalam menggunakan
alat dan menghitung diameter atau keliling
·
Penilaian: tes tertulis/lisan tentang
manfaat memelihara kebersihan alat reproduksi
Minggu
Keempat
· Mendiskusikan
perlunya menjaga kebersihan lingkungan agar udara selalu bersih untuk menjaga
kesehatan (misalnya dengan membuang sampah ditempat sampah yang tertutup).
· Menggambar
sistem pencernaan tubuh manusia dilengkapi keterangan organ dan fungsinya
berdasarkan
· Membentuk
kelompok kecil untuk melaksanakan pengukuran berbagai benda berbentuk lingkaran
· Memberikan
penjelasan hubungan antara kegiatan yang dilakukan dengan pentingnya kesehatan
· Menyebutkankan
pengertian tindakan tidak senonoh
(tidak terpuji) : tidak menjalankan perintah agama, tidak mau belajar,
membolos sekolah, melawan orang tua, berantam/tawuran, melawan guru membuang
sampah sembarangan dsb.)
· Menyebutkankan
cara untuk tidak melakukan tindakan senonoh (mematuhi aturan agama, mematuhi
aturan keluarga, masyarakat, dan agama/etika, norma dan nilai)
·
Membuat poster atau gambar ilustrasi bahaya rokok
Penilaian :
Kelengkapan gambar dan informasi/fungsi dari
masing – masing organ pada sistem
pencernaan
Cek list tentang penjelasan tentang hubungan
kegiatan dan pentingnya kesehatan
Poster : Keselarasan antara gambar dan pesan
yang akan disampaikan
Tes tertulis/lisan tentang mengidentifikasi
jenis perbuatan tidak senonoh dan cara
menghindarinya
Pengamatan terhadap perilaku selama
pembelajaran
Minggu
Kelima
·
Menerapkan
pola hidup sehat terkait dengan pencernaan, pernapasan, peredaran darah,
berdasarkan pertimbangan menu yang seimbang dan kebersihannya sehingga anak
dapat menerapkan pada kehidupan sehari-hari ketika dia mengkonsumsi jajanan dengan membuat tabel pola
hidup sehat
·
Menceritakan makanan yang dimakan pada satu
hari kemarin dan mendiskusikan makanan
·
Membuat daftar jajanan di sekolah, membahas
kandungan gizi, dan memilih jajanan
mana yang sehat dan baik dan yang tidak baik untuk dikonsumsi
· Menyebutkankan
zat berbahaya dalam rokok ( zat TAR, NIKOTIN, KARBON MONOKSIDA)
· Menyebutkankan
macam penyakit yang diakibatkan merokok (Kanker : paru-paru, kandung kemih, payudara, serviks, kerongkongan, pencernaan, muit, tenggorokan penyakit
jantung).
·
Bernyanyi lagu wajib dengan teknik pernapasan
(dua suara)
·
Menghitung waktu untuk menempuh
Penilaian :
Kelengkapan informasi dalam tabel pola hidup
sehat
Jurnal tentang bahaya nikotin dan jenis
penyakit yang ditimbulkan
Cek list ketepatan suara (suara 1 dan 2)
Ceklist (Ketepatan menghitung waktu tempuh)
Minggu
Keenam
·
Menulis rincian makanan yang biasa dikonsumsi
siswa, dilanjutkan dengan diskusi ciri-ciri makanan yang sehat berdasarkan
tumpeng gizi seimbang, berdasarkan cara pengolahan, dan kebersihannya.
·
Menyusun menu makanan seimbang dalam
semingggu
·
Menulis artikel sederhana tentang perilaku
hidup sehat
· Menyebutkankan
konsep aerobic- anaerobik, macam latihan
dan manfaat
· Bermain menggunakan
aktivitas"aerobic"
bersepeda santai, lari jogging, bermain bola, dsb), ciri utama
latihannya dilakukan dalam waktu lama
dilakukan perorangan, berpasangan,
atau kelompok.
· Mengukur
jarak
· Mengukur
kecepatan
Penilaian
:
Unjuk kerja :
Menuliskan Ciri – ciri makanan sehat
Keterampilan menyusun menu makanan sehat dan
seimbang
Membuat artikel perilaku hidup sehat
Skoring : Pengukuran jarak dan kecepatan
Minggu
Ketujuh
·
Membuat klipping berbagai permasalahan sosial di lingkungan
sekitar
·
Membuat model simulasi merokok dengan botol
plastik (gambar wajah, paru-paru yang terbuat dari kertas tisu) yang diisi
sedikit air
·
Menuliskan dampak rokok bagi kesehatan
·
Bermain menggunakan aktivitas"anaerobik"
lari bolak-balik/shuttle run, lari sprint, dsb), ciri utama latihannya dilakukan dalam waktu singkat,
dilakukan perorangan, berpasangan,
atau kelompok.
·
Membuat gerak ritmis tari bertema dengan
komposisi berpasangan
·
Membuat gerak ritmis tari bertema dengan
komposisi kelompok
·
Mengerjakan soal cerita yang berhubungan
dengan kecepatan
Penilaian :
Cek List : Kliping
(Kelengkapan gambar dan informasi)
Skoring : ketepatan
menjawab soal cerita tentang kecepatan
Penilaian: tes unjuk kerja
tentang senam aerobic dan an aerobik.
|
Buku paket
Pengamatan
Internet
Buku paket
Pengamatan siswa
Pengamatan lingkungan
Torso, gambar, tubuh anak, penjual jajanan,
tape recorder, video, jajanan
|
35 menit X 32 JP X 7 minggu
|
BAHASA INDONESIA
·
Mendiskusikan tentang organ
tubuh manusia dan fungsinya dan bagaimana menjaga kesehatan (pencernaan,
pernapasan, dan peredaran darah)
·
Menulis laporan berdasarkan
hasil pengamatan suatu objek
·
Menulis karangan tentang
berbagai topik
· Membaca
dan menemukan informasi tertentu dari teks (daftar menu)
|
·
Menggambar sistem pencernaan
makanan pada manusia dilengkapi dengan bagian-bagiannya
·
Membuat menu makanan sehat
berdasarkan tumpeng gizi seimbang
·
Memilih jajanan sehat
berdasarkan pertimbangan kebersihan dan kandungannya.
·
Menulis laporan yang baik:
Keruntutan ide dan gagasan, pengungkapan aspek-aspek wawancara, sistematika
·
Menggambar sistem pernapasan
manusia dan fungsinya
·
Menuliskan kebiasaan yang
membahayakan kesehatan system pernapasan (misalnya merokok) berdasarkan hasil
bertanya pada dokter atau perawat di puskesmas setempat.
·
Membuat karangan tentang dampak buruk merokok
atau upaya melakukan penghijauan dengan memperhatikan pengungkapan ide,
sistematika, pilihan kata, variasi kalimat
|
|
|
|
3.
MATEMATIKA
·
Mengelola/mengatur waktu untuk
tempat tertentu dengan mempertimbangkan kondisi lalu lintas, jarak, dan
kecepatan sehingga dapat tiba di tujuan tepat waktu
|
·
Menyelesaiakn jarak tempuh yang
telah ditentukan dengan cara berjalan, jalan santai, atau berlari.
·
Mengatur kecepatan untuk
menyelesaikan jarak tempuh yang telah ditentukan
·
Memprediksi waktu tempuh
termasuk hambatan yang akan ditemui selama dalam perjalanan
|
·
Lingkungan sekolah
·
Alat ukur
|
|
|
·
Mengukur dan menuliskan hasil pengukuran
diameter dan keliling berbagai lingkaran dalam tabel dan menemukan hasil
perbandingannya dan menggunakannya untuk menghitung keliling berbagai
lingkaran
|
·
Menggunakan alat ukur dengan
benar sesuai dengan peruntukannnya
·
Mengukur batang pohon atau pagar
taaman yang berbentuk lingkaran
·
Menghitung diameter lingkaran
pohon jika yang diukur hanya bagian luarnya saja
·
Menghitung keliling lingkaran
taman jika yang diukur hanya diamterenya saja
·
Mencatat hasil pengukuran ke
dalam tabel termasuk diameter dan kelilingnya
|
Lingkungan sekolah
Alat ukur
|
|
|
PENJASORKES
5.1 Menghargai tubuh sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
|
·
Melakukan gerak jalan sehat sesuai dengan
aturan
·
Melakukan gerakan senam kesegaran jasmani
dengan serius sesuai dengan irama
|
Gambar peraga jalan sehat
Gambar peraga senam kesegaran jasmani
Tape recorder
|
4 jp
|
|
5. 2
Memahami pengaruh aktivitas fisik terhadap tubuh
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan macam-macam aktivitas fisik, pengaruh dan jenisnya
Aspek Afektif
Menunjukkan perilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas
|
Peraga macam aktivitas fisik
|
4 JP
|
|
5.3 Memahami manfaat
pemeliharaan kebersihan
alat reproduksi
|
Aspek Kognitif
·
Menyebutkan alat reproduksi
pada laki-laki dan wanita
·
Menyebutkankan manfaat
memelihara kebersihan alat reproduksi
Aspek Afektif
Menunjukkan prilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas
|
Gambar peraga alat reproduksi
|
8 JP
|
|
5.4 Memahami dan menjaga diri dari berbagai
tindakan/perilaku tidak senonoh
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan pengertian tidak senonohdan cara untuk tidak
melakukannya
Aspek Afektif
Menunjukkan perilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas
|
Gambar peraga prilaku kehidupan anak-anak
|
2 JP
|
|
5.5
Mengetahui bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan zat berbahaya dalam rokok , macam penyakit yang
diakibatkan merokok.
Aspek Afektif
Menunjukkan perilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas
|
Gambar perga bahaya merokok
Gambar organ tubuh manusia
|
2 JP
|
|
5.6 Mempraktikkan aktivitas daya tahan aerobik
dan an aerobik untuk pengembangan kebugaran jasmani
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan konsep , "aerobic",“anaerobik “, macam latihan dan
manfaatnya.
Aspek Psikomotorik
1.
Memperagakan latihan"aerobic",
2.
Memperagakan latihan “anaerobik “,
Aspek Afektif
Menunjukkan prilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas gerak
|
Gambar peraga kebugaran
Pluit
Bola
Alat modifikasi
Stop watch
|
4 JP
|
|
SENI BUDAYA DAN PRAKARYA
4.1.
Menggambar ilustrasi dengan
menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan pengamatan
|
·
Menyebutkan
tema-tema kesehatan yang dapat dibuat poster atau gambar ilustrasi
·
Membuat
poster atau menggambar ilustrasi tentang bahaya merokok dengan menerapkan
proporsi dan komposisi
|
|
|
|
4.2.
Menyanyikan lagu wajib dua
suara
|
·
Menyebutkan
teknik pernapasan
·
Menyanyikan
lagu wajib dua suara dengan teknik pernapasan
|
|
|
|
4.3.
Mengeksplorasi gerak tari
bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
|
·
Menunjukkan
gerak-gerak ritmis
·
Mempraktikan
gerak tari bertema ritmis dengan komposisi kelomok (pola lantai)
|
|
|
Subulussalam, September 2014
Guru Tematik Kls V
Candra Sihotang, S.Pd
Nip. 19860217 200901 1 007
No comments:
Post a Comment