Tuesday 21 October 2014

Software Untuk Merekam Suara/Narasi Untuk Video Pembelajaran

Software Untuk Merekam Suara/Narasi Untuk Video Pembelajaran 

Assalamualikum Wr. Wb.
Selamat pagi teman2…Bagaimana kabarnya sekalian? Semoga sehat selalu dan dalam limpahan rahmat Allah SWT. Amin. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi/sharing tentang “Software Untuk Merekam Suara/Narasi Untuk Video Pembelajaran. Siapa tau bisa membantu teman2 dalam membuat audio pembelajaran mata kulian Produksi Media Pembelajaran dari Prof. Dr. Badiran, M.Pd
Dalam membuat screencast memang ada pilihan untuk merekam tayangan video di layar dan audio/narasi secara langsung atau dapat juga dilakukan dengan membuat video dan narasi secara terpisah dan nantinya digabung dengan software video editing (misalnya Movie Maker) (sudah belajar Video Makaer dari Dr. Rachmar kan??. Apabila ingin membuat rekaman narasi/audio secara terpisah sebaiknya tidak menggunakan recorder bawaan windows mengingat terbatasnya fitur dari software tersebut. Sebagai alternatifnya kita dapat menggunakan beberapa pilihan software yang banyak beredar di internet. Berikut ini beberapa software untuk merekam narasi/audio dan link terkait ke software tersebut.
  1. MP3MyMp3, dapat diunduh dari alamat web www.mp3mymp3.com.
  2. Free Audio Recorder, softaware ini cukup mudah dalam pengoperasiannya, dapat diakses di http://www.accmeware.com/free_audio_recorder.html.
  3. AudaCity, memiliki fitur lengkap tidak hanya merekam saja tapi juga melakukan penyuntingan maupun menambah efek khusus namun operasional penggunaannya agak sedikit lebih rumit. Alamat webnya adalah http://audacity.sourceforge.net.
Selain beberapa software tersebut ada banyak lagi yang lain yang juga dapat digunakan untuk merekam audio.

Demikianlah sharing saya tentang “Software Untuk Merekam Suara/Narasi Untuk Video Pembelajaran. Semoga bermanfaat.

Waalaikumsalam Wr. Wb.
Candra Sihotang

Sumber : http://p4tkmatematika.org/2013/01/konsultasi-software-untuk-merekam-suara/

No comments:

Post a Comment