Thursday 4 August 2016

Refleksi Pembelajaran Hari ini,

Subulussalam, 04 Agustus 2016


Hari ini saya terapkan Jigsaw untuk materi Teks Laporan Hasil Observasi . Bagus, anak-anak lumayan aktif. Tapi, beberapa yg lain kurang sekali partisipasinya dalam diskusi kelompok ahli. Kalau diam saja kan mereka bisa ketinggalan. Stlh saya dekati ternyata mereka tidak paham bahwa nanti mrk hrs menerangkan pd klmpk asalnya sendiri-sendiri dan itu dinilai. Begitu tahu itu mrk kaget lalu mau ikut brdsksi dan membaca bab yang didiskusikan. Jadi yg pasip itu krn tdk mengira akan hrs menerangkan pd temannya nanti. Kenapa mrk tidak paham perintah sy untk kegiatan jigsaw?

Memang agak rumit, tapi sy merasa ckp jelas menerangkan alur kerja jigsaw. Apa karena perintah sy sampaikan secara lisan saja? Mungkin. Oke, lain kali coba saya bikin saja poster atau carta alur kerja jigsaw yang bisa saya pakai berulang kali kalau saya menerapkan jigsaw. Akan sy lihat apakah itu bisa membuat tiap anak aktif.

Selain itu spertinya kalau dlm diskusi klmpk anak2 hrs diberi beban pribadi. Kalau tdk enak2 an saja mrk seperti tadi. Jadi dlm diskusi klmpok tetap hrs ada tgs pribadi. Itu berarti sy hrs ttp merancang tugas individu untuk tiap kegiatan klmpk.

beberapa alat yang saya gunakan 

menjelaskan cara kerja kelompok 

anak2 bergerak membentuk kelommpok 

 yel-yel dalam kelompok

 bertindak sebagai fasilitator




No comments:

Post a Comment