Saturday 13 September 2014

IMPLIKASI PENDIDIKAN DARI ANALISIS BUDAYA Hasil Telaah dari buku “Curriculum Development” Karangan Hilda Taba

IMPLIKASI PENDIDIKAN DARI ANALISIS BUDAYA
Hasil Telaah dari buku “Curriculum Development”
Karangan Hilda Taba












Disusun oleh :

Candra Sihotang
Nim : 8136121004


Dosen  Pengampu : Prof. Dr. Syaiful Sagala, M.Pd








PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
PROGRAM PASCA SARJANA
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2014
KATA PENGANTAR

    Puji dan syukur Penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karunia-Nya berupa rahmat dan kesehatan sehingga Penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Implikasi Pendidikan dari Analisis Budaya” sebagai tugas mata kuliah Pengembangan Kurikulum.
    Terima kasih kami ucapkan kepada Dosen Pengampuh mata kuliah serta semua pihak yang telah ikut berpartisipasi secara langsung dan tidak langsung sehingga Penulis mampu menyelesaikan makalah ini.
    Penulis menyadari bahwa makalah ini mengandung kekurangan sekalipun telah diupayakan seoptimal mungkin oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi menghasilkan sebuah karya ilmiah yang jauh lebih baik.
    Semoga makalah ini memberikan manfaat dan menambah wawasan tentang penelitian bagi siapapun yang membacanya.


Medan,    Maret 2014


Penulis










i

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR    ……………………………………………………………    i
DAFTAR ISI    ………………………………………………………………………    ii
BAB I    PENDAHULUAN    ………………………………………………………    1
    A. Latar Belakang    ………..……………………………………………..    1
    B. Rumusan Masalah    ……………………………………………………    1
    C. Tujuan Penulisan    …………………………………………………….    2
BAB II    PEMBAHASAN    …………………………………………..……….……    3
    A. Sekolah Sebagai sebuah Alat Sosialisasi    …......................…………….    3
    B. Pendidikan untuk Nilai dan Perasaan    …................……………………    6
    C. Autonomi, Kepribadian, dan Kreativitas    ………………..…..…...........    7
    D. Bahaya dari Ethnocenricity    …………………………………………..    10
    E. Kebutuhan Translator    ………………………………………..………    11
BAB III    PENUTUP    ………………………………………………………………    12
    A. Simpulan    ………………………………………………………………    12
    B. Saran    ………………………………………………………………….    13
DAFTAR PUSTAKA    ……………..………………………………………………    14








ii

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Konsep dan data yang muncul dari analisis budaya menunjukkan implikasi penting untuk memahami proses edukatif dan perilakunya. Implikasi ini memiliki relevansi untuk peninjauan kembali fungsi sekolah dan hubungan antara sekolah sebagai lembaga sosial dan kurikulumnya.
sekolah sebagai salah satu pusat pendidikan memiliki peran sentral yang mengemban tugas untuk lahirkan manusia-manusia yang beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, Berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Pendidikan di persekolahan telah memberikan porsi yang berlebih terhadap pengetahuan, akibatnya porsi untuk pengembangan sikap, nilai dan prilaku sangat minim. Untuk itu tidak salah kalau Pendidikan Nilai kembali dilirik. Pendidikan Nilai adalah penanaman nilai-nilai luhur ke dalam diri peserta didik. Pendidikan Nilai bukan sebagai satu mata pelajaran yang harus diberikan kepada siswa, tetapi sebagai suatu praktek di lapangan Pendidikan Nilai yang dapat diintegrasikan dalam berbagai mata pelajaran, sehingga setiap mata pelajaran harus ada ruh Pendidikan Nilai.
Untuk itu dalam tugas mid ini saya akan mencaba membahas tentang implikasi pendidikan dalam analsis budaya. Dimana implikasi pendidikan dalam analisis budaya ini mempunyai beberapa poin yang menjadi prioritas dalam pembahasan ini, yaitu: Sekiolah Sebagai Sebuah Alat Sosialisasi, Pendidikan untuk Nilai dan Perasaan, Autonomi, Kepribadian, dan Kreativitas, Bahaya dari Ethnocenricity dan Kebutuhan Translator.

B. Rumusan Masalah
1
Makalah ini akan membahas mengenai “Implikasi Pendidikan dari Analisis Budaya” yang sumbernya berasal dari buku Curriculum Development karangan John Hilda Taba. Pembahasan makalah ini terfokus pada Chapter 5 dari buku tersebut dengan judul Educational Implications of the Analysis of Culture. Pembahasannya meliputi penjelasan mengenai 1) Sekolah Sebagai sebuah Alat Sosialisasi; 2)     Pendidikan untuk Nilai dan Perasaan; 3) Autonomi, Kepribadian, dan Kreativitas; 4) Bahaya dari Ethnocenricity; dan 5)Kebutuhan Translator.

C. Tujuan Penulisan
Dari uraian latar belakang dan rumusan masalah di atas, maka tujuan  penyusunan makalah ini adalah :
1.     Untuk mengetahui fungsi sekolah sebagai alat sosialisasi.
2.     Untuk mengetahui bahwa pendidikan untuk nilai dan perasaan.
3.     Untuk mengetahui autonomi, kepribadian, dan kreativitas.
4.   Untuk mengetahui bahaya dari ethnocenricity serta kebutuhan translator.





















2

BAB II
IMPLIKASI PENDIDIKAN DARI ANALISIS BUDAYA

A.    Sekolah Sebagai Sebuah Alat Sosialisasi
Analis budaya tidak berbagi iman buta seperti yang diungkapkan oleh beberapa penulis tentang pendidikan bahwa kondisi saat ini di bawah lembaga-lembaga tradisional sosialisasi mampu memenuhi tugas sosialisasi, karena mereka melihat lebih jelas perubahan dalam tempat lembaga-lembaga, dan perubahan dalam masyarakat  karena mereka juga melihat lebih jelas konsekuensi tugas yang luas.
Fakta-fakta dari analisis budaya menunjukkan dengan jelas bahwa pengaruh agen sosialisasi primer menjauh dan melemahkan, sekolah harus mengasumsikan kebutuhan fungsi sosialisasi, mulai dari pengajaran keterampilan sosial sederhana untuk mengembangkan orientasi terhadap diri dan dunia. Dan sekolah tidak hanya menjadi pemancar pengetahuan dan keterampilan pelatih di akademik. Tapi juga menggunakan frase C. Kluckhohn 's, "penjaga nilai-nilai moral," cita-cita demokrasi, dan aspek-aspek tertentu dari pengembangan kepribadian.
Memikirkan sekolah sebagai sebuah budaya dengan cara hidup di mana proses belajar mirip dengan yang di luar kehidupan, internalisasi nilai-nilai dan perasaan dapat terjadi, karena lingkungan menyediakan model yang cukup kuat untuk identifikasi dalam bentuk orang-orang signifikan serta pengalaman yang dalam atau kuat, sebagai agen sosialisasi dari beberapa konsekuensi yang membentuk nilai-nilai dan standar individu dan menambah ukuran untuk orientasi hidup mereka.
Gagasan tentang sekolah yang mempengaruhi seseorang dalam cara yang lebih dari sekedar menyediakan pembelajaran akademis bukanlah hal yang baru, tentu saja. Sekolah selalu bertanggung jawab untuk menanamkan standar moral dan nilai-nilai karakter logis sebagai tanggung jawab dan menghormati individu. Dan menanamkan nilai-nilai inti seperti mencegah pribadi sendiri, kesempatan universal, dan kebebasan untuk aktualisasi diri dan ekspresi diri.
3
Namun, dampak dari dua kekuatan kehidupan sekolah dan kurikulum, jarang dilihat sebagai pelengkap. Hal ini tidak membatasi alasan untuk menunjukkan bahwa sekolah dapat menghadapi tugas ganda.  Yaitu untuk merencanakan suatu cara hidup di sekolah yang dirancang untuk menumbuhkan nilai-nilai tertentu dan untuk memastikan bahwa kurikulum sekolah mampu menambah membentuk struktur karakter dengan menyediakan kesempatan untuk mengeksplorasi nilai-nilai yang penting dan untuk memeriksa lembaga-lembaga sosial serta kekuatan dalam konsistensi mereka dengan nilai-nilai ini.
Budaya sekolah dapat berfungsi sebagai tambahan yang direncanakan dan perbaikan untuk proses sosialisasi dari rumah dan lembaga pelatihan, sebagai sumber nilai-nilai yang kuat untuk belajar konsep diri, dan orientasi hidup. Penekanan tambahan bisa datang melalui perhatian sistematis untuk iklim rekan budaya. Mungkin banyak dari pembelajaran ini berjalan bahkan dalam iklim yang tidak direncanakan masyarakat kita, tetapi mungkin banyak dari itu adalah negatif karena sosialisasi yang tidak direncanakan terjadi di bawah bayang-bayang konflik antara rekan budaya tersembunyi dan budaya sekolah resmi. Penerapan tehnik perubahan sosial dalam membentuk iklim sekolah, dan rekan budaya bisa dibuat menjadi sekutu yang kuat untuk penanaman nilai-nilai positif, dari konstruksi keprihatinan dan harapan sendiri, dan orientasi sosial yang produktif.
Dalam program kemungkinan terletek pendidikan di sekolah sebagai kekuatan pengimbang terhadap dampak budaya di luar sekolah. Dalam kondisi seperti sekolah bisa memperkuat individualitas, melanggar rantai tekanan kesesuaian masyarakat lainnya yang berorientasi, itu bisa mengklarifikasikan  konflik yang timbul dari perbedaan dalam tuntutan yang dibuat pada individu, memberikan orientasi di mana kebingungan biasanya berlaku, dan membantu siswa untuk bergerak menuju lebih memadai diri dan harga diri yang lebih besar sebagai kepribadian yang unik.
Tidak disarankan bahwa sekolah menjadi lembaga terapi, tetapi hanya proses pendidikan dapat digunakan untuk tujuan-tujuannya, asalkan pendidik memahami makna dinamika sosial, dan dapat melihat sekolah sebagai sebuah budaya, dan dapat menggunakan apa yang telah dipelajari tentang cara-cara merangsang perubahan budaya dalam membentuk budaya ini. Pendidik juga perlu mempertimbangkan cara-cara di mana untuk mengintegrasikan belajar dari proses belajar bersosialisasi dengan yang terjadi sebagai hasil dari kurikulum tanpa membingungkan dua.
4
Sebuah perspektif budaya pada pendidikan dan lembaga yang memungkinkan juga untuk memikirkan pendidikan di sekolah sebagai agen perubahan. Juga tidak dapat dihindari bahwa individu berpegang pada interpretasi dari realitas budaya yang tidak lagi berlaku.
Pendidikan mungkin bisa menyusun sarana untuk memperpendek cultural antara realitas sosial dan sikap budaya, antara keyakinan dan pengharapan dengan mempersiapkan kaum muda untuk hidup dalam masyarakat yang berubah. Jika orang dalam suatu budaya mempertahankan struktur karakter lebih terbatas dari realitas sosial yang bersangkutan atau membutuhkan, maka pengungkitan untuk perubahan terletak pada pemeriksaan ulang sadar dan konsisten ide-ide budaya yang kita menafsirkan, dan membentuk kembali nilai-nilai dan perasaan yang melekat pada ide-ide ini.
Dalam satu tugas masyarakat yang berubah dengan cepat dari para pembuat kurikulum dan guru adalah untuk menjaga interpretasi, masyarakat terbiasa dengan "menjadi" realitas sosial. Ini berarti, lebih lanjut, bahwa kurikulum perlu mencakup proses penafsiran, mempertanyakan, dan merenungkan perubahan. Ini, tentu saja yang terkait dengan semua pekerja pendidikan, tidak peduli apa daerah mereka mengajar, tentang masyarakat dan tentang peran individu dalam masyarakat itu.
Mengenai sifat dan arah peran pendidikan sebagai agen penyeimbang, Linton menunjukkan bahwa tugas pendidik modern tidak hanya untuk menghidupkan budaya kita, tetapi juga untuk mengarahkan pembangunan masa depan yaitu bahwa tugas guru adalah untuk mempersiapkan orang untuk perubahan.
Untuk kesiapan pendidikan untuk perubahan budaya perlu membantu siswa untuk mengatasi perubahan cara berpikirnya. Ini adalah tugas pendidik untuk melatih individu untuk mengenali situasi baru, selain melatih orang untuk berpikir, dan harus bersedia untuk berpikir, dia [pendidik] harus memberikan mereka dengan poin referensi dari mana untuk berpikir.
Namun konsep Linton tentang perubahan-perubahan yang dapat membuat sekolah sangat terbatas. Dia merekomendasikan bahwa guru membatasi usaha mereka atas nama perkembangan masa depan kebudayaan untuk "serangkaian perubahan kecil namun cerdas diarahkan dalam pola-pola budaya yang ada (seperti teknik untuk hubungan pribadi, diet, dan kebersihan) dan penanaman nilai-nilai yang umum penerimaan akan membuat untuk masyarakat yang lebih baik "(1953, hlm IS-16).

5

B.  Pendidikan untuk Nilai dan Perasaan
Pengajaran nilai-nilai dan perasaan telah sering dianggap sebagai luar (dia kekuatan dari sekolah, karena gagasan masih berlaku bahwa nilai-nilai dan perasaan miliki aspek bawaan dari kepribadian yang tahan terhadap perubahan dengan metode pendidikan. Beberapa ahli antropologi juga mengakui peran penting orientasi nilai. Linton, misalnya, menunjukkan bahwa bentuk masa depan lebih tergantung pada pemilihan nilai-nilai kita mengejar dari pada perkembangan lebih lanjut dari teknologi.
Akibatnya, jika pendidik dapat mengontrol pola nilai individu, mereka dapat mengontrol masa depan masyarakat. Jika mereka dapat mengendalikan perasaan terhadap perang, akumulasi kekayaan tanpa hambatan, keadilan sosial, dan sebagainya, mereka dapat menangkis perubahan budaya Bahkan ada kemungkinan bahwa pendidikan dapat berkontribusi untuk peningkatan "sumber daya batin". tampaknya sehingga kurang dalam budaya saat ini (Linton, 1941, hlm 10-17).
Tapi pentingnya pendidikan nilai dapat dibenarkan dengan alasan selain mengendalikan masa depan dengan pendidik. Nilai adalah implisit dalam fungsi yang sangat budaya, dari penggunaan perangkat teknis untuk persyaratan pekerjaan dan partisipasi masyarakat. Mereka implisit juga dalam dinamika kelembagaan dan bentuk-bentuk di mana pendidikan adalah pelaku, dari pengelompokan untuk konseling. Ini berarti juga bahwa nilai-nilai untuk pendidikan semua sudah meresap dan sebagian besar tidak sadar. Tugas pendidikan adalah untuk membuat proses ini sadar, mepertahankan rasonal, dan sejauh mana peran kurikulum sekarang yang bersangkutan lebih efektif.
Budaya orientasi siswa untuk pembelajaran nilai-nilai budaya menunjukkan beberapa poin penting untuk pendidikan. Pertama, dalam pendidikan tugas nyata nilai adalah untuk mengembangkan kriteria lain dari penyesuaian dalam membantu kepribadian dengan budaya mereka dan untuk memperoleh sikap eksperimental ke arah itu. Untuk mencapai hal ini, pendidik harus menemukan bagaimana hal itu bisa dilakukan paling efektif, dan jenis pelatihan terbaik dan cocok untuk biaya hidup (Linton, 1941, hal 7 ).
6
Implikasi dari hal ini pada gilirannya adalah bahwa pendidik, serta ilmuwan sosial, harus berada dalam posisi untuk memprediksi konsekuensi dari usaha mereka untuk membatasi jalannya perilaku manusia. Mereka perlu memahami fungsi manusia dalam proses budaya, dan cara-cara di mana mengajar dan belajar beroperasi dalam suatu budaya.
 (C. Kluckonlrn, 1957, hlm xii, xiii) Mengatakan perlunya untuk proses lembaga pembelajaran yang sesuai untuk memperoleh nilai-nilai dan perasaan. Jika analisis belajar dari nilai-nilai melalui proses sosialisasi dalam budaya yang memiliki sesuatu untuk mengajari kita, sedangkan nilai tidak dipelajari tetapi dengan melalui pengalaman yang menyentuh perasaan dan dengan demikian mempengaruhi inti dari kepribadian.
kemudian, bahwa penyesuaian dalam isi pembelajaran tidak dapat diandalkan untuk mengubah pola perilaku yang termotivasi oleh kebutuhan karakter nilai-nilai logis dan perasaan diperoleh dalam interaksi sosial, di bawah kondisi yang membangkitkan perasaan dan memerlukan realitas gerakan dan tujuan, dalam konteks yang memungkinkan identifikasi dan sebagainya. Dengan kata lain, perubahan dalam isi kurikulum perlu disertai oleh perubahan dalam kondisi di mana pembelajaran terjadi. Ini termasuk karakter disiplin, kualitas hubungan interpersonal, gelar perhatian dengan kebutuhan individu, dan sifat perangkat motivasi yang digunakan.

C.    Otonomi, Kepribadian, dan Kreativitas
Mengembangkan otonomi, kreatifitas, dan kepribadian dalam sebuah budaya yang cenderung mendorong konformitas, keterasingan, dan orientasi lain adalah masalah lain dibawa ke fokus oleh analisis budaya. Tampaknya ada dua sumber utama kreativitas dan otonomi, dan oleh karena itu dua jalan untuk mendekati perkembangan mereka. Salah satu harus dilakukan dengan metode-metode pemikiran yang bebas, dan yang lainnya dengan pengembangan konsep diri yang memadai harapan sendiri. Bekerja pada kedua kebutuhan untuk berkumpul dalam memproduksi hasil. Dalam kedua hal ini  sekolah mungkin gagal melakukan apa yang dibutuhkan dan bahkan mungkin menambah pengaturan  untuk kesesuaian.
7
Program sekolah didasarkan pada keseragaman isi dan sistem mental yang diperlukan untuk menguasai konten yang besar. Berpikir merupakan cara yang besar. Sebagai salah satu memeriksa kurikulum saat ini dan praktek kelas, seseorang tidak dapat membantu tapi terkesan dengan fakta bahwa mereka mengembangkan sistem mental yang mempromosikan kepatuhan dan berkontribusi sedikit untuk perkembangan kebebasan pemikiran dan penilaian.
Biasanya ini sesuai dan kurangnya berpikir otonomi dalam kelas disalahkan pada guru. Guru otoriter, tidak bisa mentolerir ambiguitas, kepatuhan permintaan dari murid mereka, atau kurangnya keterampilan yang memadai untuk menerapkan berpikir kreatif dalam mengembangkan semangat otonom penyelidikan (Henry, 1955, hlm 33-41).
Sebuah studi baru-baru ini sifat dari "ajaran tindakan" menunjukkan bahwa konsepsi budaya sekarang guru sebagai pemasok dalam batas pembentukan yang sebenarnya yang terjadi pada aktivitas intelektual anak. Ini menunjukkan, misalnya, bahwa fungsi pengendalian, yang meliputi pemilihan masalah apa, apa yang harus belajari tentang apa, bagaimana cara belajar, dan bagaimana jawaban yang akan dicapai, hal ini merupakan lebih dari 40 persen dari semua tindakan guru. Secara terbalik, kondisi yang menguntungkan untuk penyelidikan dan pendekatan kreatif untuk masalah-masalah dan tugas-tugas Sejalan diminimalkan (Hughes et al, 1959., Hlm 95-96, 181).\
Contoh-contoh yang sama menunjukkan, bagaimanapun, bahwa tekanan sesuai tidak terbatas pada perilaku guru. Secara implisit juga dalam cara di mana kurikulum dimasukkan bersama-sama dan dalam jenis instruksi menentukan pola ini. Dengan asumsi bahwa "budaya membuat orang tersebut," itu bahkan mungkin bahwa jenis kurikulum yang kita miliki di sekolah umum menciptakan jenis teknik guru dan mengajar. Beberapa studi menunjukkan bahwa lulusan guru "tikungan" lembaga pelatihan diri dalam arah  pengharapan dan sikap yang berlaku di sekolah-sekolah yang mereka layani.
8
Salah satu aspek otonomi adalah kapasitas untuk penguasaan konseptual lingkungan seseorang. Untuk mengembangkan kapasitas individu harus belajar untuk melihat hal-hal dalam orientasi persepsi yang sendiri, untuk menemukan prinsip-prinsip yang mengatur hubungan antara dengan apa yang ia melihat dan mengetahui, menggunakan prinsip-prinsip dia telah belajar untuk menjelaskan dan memprediksi, dan untuk struktur masalah dengan caranya sendiri. Dengan kata lain, berpikir produktif dan mandiri merupakan salah satu aspek penting dari otonomi pribadi.
Ini akan membutuhkan kurikulum yang berbeda dan cara yang berbeda untuk belajar dari yang kita miliki sekarang mencapai berpikir produktif dan otonom. Di tempat pertama, perhatian. Perlu difokuskan pada prinsip-prinsip penting dan ide-ide yang memberikan struktur untuk berpikir. Kedua, pengalaman belajar harus menyertakan lebih banyak kesempatan untuk penyelidikan, penemuan, dan eksperimen. Pemikiran bebas dan produktif dengan  tidak dihambat oleh desain tetapi dengan kelalaian oleh kegagalan memberikan organisasi ide dan metode mendekati mereka. (Hal ini dibahas lebih lanjut dalam Bab 8.)
Aspek lain dari pengembangan otonomi dan individualitas yang analisis budaya menarik perhatian adalah asal-usul dari diri yang memadai konsep dan yang wajar dari harapan diri. Analisis ini akan membuka jalan untuk pihak yang Menjatahkan dampak budaya sekolah dan kurikulum diforma citra diri. Ini menimbulkan pertanyaan tentang penggunaan saat ini dalam pendidikan konsep psikologis adaptasi dan hubungannya dengan cita-cita "lainnya berorientasi" dari diri dan prestasi.
Kluckhohn, misalnya, menunjukkan bahwa pendidikan psikiatri Amerika dan mungkin terlalu menekankan konsep adaptasi dan penyesuaian dibandingkan dengan konsep integrasi internal dan harmoni (1951, hal 160).
Data dari analisis budaya melempar cahaya baru pada jenis individualisasi pembelajaran dan diferensiasi dalam kurikulum dan instruksi yang diperlukan untuk melindungi keunikan dan untuk memberikan kesetaraan kesempatan untuk belajar.
Ide-ide dan fakta tentang kepribadian modal menunjukkan bahwa itu adalah baik realistis dan tidak efisien untuk menangani masalah ini seolah-olah mereka murni masalah perbedaan individual. Cara perlu ditemukan untuk membedakan instruksi dan materi kurikulum sesuai dengan karakteristik dan perbedaan bersama oleh kategori siswa dari latar belakang sosial dan belajar yang berbeda untuk membuat masalah "mencapai" semua siswa yang lebih mampu dan mengelola tujuan yang lebih terjangkau.
9
Kurikulum dan individualisasi dalam konstruksi sepanjang garis-garis  tidak hanya membuat untuk pendidikan yang lebih efektif, termasuk pendidikan untuk nilai-nilai dan membangun karakter, tetapi juga akan berfungsi untuk mencegah masalah banyak individu. Keakraban dengan data dan konsep kepribadian modal dalam berbagai subkultur akan membantu para pembuat kurikulum untuk tahu lebih banyak tentang orang-orang dengan siapa mereka berhadapan, tidak hanya sebagai kepribadian yang unik dengan pengendalian tertentu, kemampuan dan kecenderungan individu, tetapi juga sebagai produk dari budaya latar belakang. Dalam budaya heterogen seperti kita ini akan berarti dengan mempertimbangkan perbedaan dalam kepribadian modal dibentuk oleh kelas dan budaya kasta, sebuah ide yang masih bertentangan dengan keyakinan dan sikap banyak pendidik (Linton, 1941, hlm 11).
"fakta bahwa, dalam kebutuhan untuk mengendalikan stres dan ketertiban di sekolah massal, administrasi biasanya cenderung mendukung gaya pengajaran yang cukup otoriter dan karena itu menimbulkan kepribadian guru yang otoriter membuat masalah semua buruk. Untuk itu adalah jenis orang, yang menurut psikologis, memiliki toleransi rendah untuk keistimewaan dalam kepribadian atau perilaku

D.    Bahaya Dari Ethnocenricity
Analisis Nilai Budaya keluar paksa bahaya etnosentrisitas tertanam dalam proses sosialisasi alami dari budaya apapun. Karena budaya tidak memiliki mekanisme dalam dirinya sendiri untuk mengatasi hal ini etnosentrisitas, salah satu tugas sekolah jika keinginan untuk mempersiapkan orang untuk hidup di dunia yang sangat diperluas dengan budaya heterogen saling tergantung. Dengan kata lain, kebutuhan untuk melawan parokialisme tak terelakkan dari pola sosialisasi di intim, seperti shell budaya, membungkus sebuah keluarga tertentu dalam latar belakang ras, kepercayaan agama dan sanksi, kode moral, dan standar benar dan salah.
10
Selanjutnya, perpanjangan sensitivitas kosmopolitan tidak hanya membutuhkan seorang kenalan emosional dengan perbedaan budaya, tetapi juga tentang objek budaya sendiri. Tugas pertama dalam mencapai tujuan ini adalah memeriksa kurikulum dari sudut pandang efektivitas dalam mengembangkan kosmopolitan. Percobaan antar pendidikan, yang bergumul dengan masalah etnosentrisitas, menunjukkan bahwa pengembangan kepekaan budaya kosmopolitan yang dibutuhkan tidak hanya pola kurikulum baru dan bahan, tetapi juga penemuan baru dalam metode pengajaran dan belajar, cara-cara baru menggabungkan informasi dan wawasan. Perkembangan kepekaan budaya kosmopolitan diperlukan kondisi yang mirip dengan yang diperlukan untuk mengajar perasaan dan menggunakan nilai-nilai pengalaman yang membangkitkan perasaan, seperti reaksi terhadap insiden sastra dan kehidupan, dan kontak meningkatkan dan interaksi individu dari latar belakang budaya yang berbeda (Taba tions , 19556, bab S;. Taba, Brady, dan Xobin.sorr, 1952, CLR 4).
Menurut penelitian kehidupan sekolah, hanya sebagian dari populasi sekolah terlibat dalam kehidupan sekolah resmi dan dalam budaya sekolah yang mempromosikan. Bagian yang dikecualikan itu adalah biasanya salah satu yang paling membutuhkan partisipasi tersebut untuk mempelajari budaya umum. Selanjutnya, komposisi kelompok kegiatan biasanya mencerminkan kurangnya kerja sama kosmopolitanisme yang mencirikan kehidupan akademik siswa dan kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, tidak memberikan asosiasi lintas kelompok yang seharusnya mereka memberikan. Akhirnya, mereka mencerminkan sistem prestise mirip dengan sistem sosial kelas dalam masyarakat. Selektivitas diatur oleh faktor latar belakang sosial, dan sebagai akibatnya jarang anggota kelompok minoritas milik yang disebut prestise klub dan masyarakat. Dalam banyak kasus, mereka bahkan ditugaskan untuk klub terpisah dan disediakan yang berbeda, aktivitas, pola (Gordon, 1955; Taba, I9SSb:. Ch 1).

E.     Kebutuhan Translators
Untuk menjamin penggunaan produktif ide dan konsep-konsep dari ilmu-ilmu perilaku, tidak lagi mungkin untuk tergantung pada cara rembesan biasa pengetahuan yang lambat dari satu disiplin ke disiplin yang lain. Perubahan dalam masyarakat saat ini terlalu cepat untuk memungkinkan waktu untuk santai memilah ide dari ilmu-ilmu perilaku ke dalam sastra pendidikan dan dari sana ke dalam praktek.
Untuk mengikuti perkembangan bergerak cepat kegiatan sosial dan pengetahuan yang berkembang pesat tentang masyarakat dan budaya, peran baru harus diciptakan antara mereka yang bertanggung jawab untuk menetapkan pola untuk kurikulum. Ini adalah peran seorang penerjemah ide dan fakta dari ilmu-ilmu perilaku sakit menjadi implikasi pendidikan mereka, yaitu ke pertanyaan dan saran mengenai praktek-praktek pendidikan, konsepsi-konsepsi dari tugas-tugas pendidikan, dan ide-ide tentang kurikulum dan pengajaran. Harus ada aliran konstan temuan diterjemahkan dari penelitian dalam ilmu Lie perilaku ke dalam tubuh ide-ide dan informasi diakses oleh mereka yang mengajar dan berpikir tentang mengajar.
11

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Sekolah merupakan sebuah alat bersosialisasi Telah menjadi bagian dari studi sosiologi pendidikan bahwasosialisasi merupakan salah satu topik kajian yang dipelajari secaraserius. Mengingat arti sosialisasi itu sendiri merupakan prosesalamiah yang membimbing individu untuk mempelajari, memahami dan mempraktikkan nilai-nilai, norma-norma, pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki oleh masyarakat, sosialisasi memiliki urgensi yang begitu kuat terhadap keberlangsungan pendidikan bagi individu sebagai anggota masyarakat.
Proses sosialisasilah yang membuat seseorang menjadi tahubagaimana seharusnya seseorang bertingkah laku di tengah-tengah masyarakat dan lingkungan budayanya. Proses sosialisasi membawa seseorang dari keadaan belum tersosialisasi menjadi masyarakat dan beradab. Melalui sosialisasi, seseorang secara berangsur-angsur mengenal persyaratan-persyaratan dan tuntutan-tuntutan hidup di lingkungan budayanya.
Pendidikan merupakan sarana yang sangat strategis dalam melestarikan sistem nilai  yang berkembang dalam kehidupan. Proses pendidikan tidak hanya memberikan pengetahuan dan pemahaman peserta didik, namun lebih diarahkan pada pembentukan sikap, perilaku dan kepribadian peserta didik, mengingat perkembangan komunikasi, informasi dan kehadiran media cetak maupun elektronik tidak selalu membawa pengaruh positif bagi peserta didik. Tugas pendidik dalam konteks ini membantu mengkondisikan pesera didik pada sikap, perilaku atau kepribadian yang benar, agar mampu menjadi agents of modernization bagi dirinya sendiri, lingkungan, masyarakat dan siapa saja yang dijumpai tanpa harus membedakan suku, agama, ras dan golongan.
12
Mengembangkan otonomi, kreatifitas, dan kepribadian dalam sebuah budaya yang cenderung mendorong konformitas, keterasingan, dan orientasi lain adalah masalah lain dibawa ke fokus oleh analisis budaya. Tampaknya ada dua sumber utama kreativitas dan otonomi, dan oleh karena itu dua jalan untuk mendekati perkembangan mereka. Salah satu harus dilakukan dengan metode-metode pemikiran yang bebas, dan yang lainnya dengan pengembangan konsep diri yang memadai harapan sendiri. Bekerja pada kedua kebutuhan untuk berkumpul dalam memproduksi hasil.
Analisis Nilai Budaya keluar paksa bahaya etnosentrisitas tertanam dalam proses sosialisasi alami dari budaya apapun. Karena budaya tidak memiliki mekanisme dalam dirinya sendiri untuk mengatasi hal ini etnosentrisitas, salah satu tugas sekolah jika keinginan untuk mempersiapkan orang untuk hidup di dunia yang sangat diperluas dengan budaya heterogen saling tergantung. Dengan kata lain, kebutuhan untuk melawan parokialisme tak terelakkan dari pola sosialisasi di intim, seperti shell budaya, membungkus sebuah keluarga tertentu dalam latar belakang ras, kepercayaan agama dan sanksi, kode moral, dan standar benar dan salah.
Untuk menjamin penggunaan produktif ide dan konsep-konsep dari ilmu-ilmu perilaku, tidak lagi mungkin untuk tergantung pada cara rembesan biasa pengetahuan yang lambat dari satu disiplin ke disiplin yang lain. Untuk mengikuti perkembangan bergerak cepat kegiatan sosial dan pengetahuan yang berkembang pesat tentang masyarakat dan budaya, peran baru harus diciptakan antara mereka yang bertanggung jawab untuk menetapkan pola untuk kurikulum. Ini adalah peran seorang penerjemah ide dan fakta dari ilmu-ilmu perilaku sakit menjadi implikasi pendidikan.














13

DAFTAR PUSTAKA


Taba, Hida (1978). Curriculum Development. New York : Longman

14

No comments:

Post a Comment